TIK 8

  1. Microsoft Excel 2007 dikeluarkan dalam bentuk paket:
    1. Microsoft office 2007
    2. Microsoft Word
    3. Microsoft Excel
    4. Microsoft Power Point

 

  1. Untuk mengaktifkan program Excel 2007 kita dapat mengikuti langkah berikut ini :
  2. Klik tombol Star yang ada di taskbar, klik menu program, pilih dan klik program Microsoft Word 2007, lalu tunggu sampai program Word tampil ke layar monitor
  3. Klik tombol Star yang ada di taskbar, klik menu program, pilih dan klik program Microsoft Power Point 2007, lalu tunggu sampai program Power point tampil ke layar monitor
  4. Klik tombol Office yang ada di taskbar, klik menu program, pilih dan klik program Microsoft Office 2007, lalu tunggu sampai programOffice  tampil ke layar monitor
  5. Klik tombol Star yang ada di taskbar, klik menu program, pilih dan klik program Microsoft excel 2007, lalu tunggu sampai program excel tampil ke layar monitor

 

  1. Daftar perintah yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah disebut
  2. Format
  3. menu
  4. Toolbar
  5. Icon

 

  1. Baris menu (menu bar) berisi barisan perintah, seperti menu lengkap di bawah ini:
  2. Start, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, Ad-Ins, Acrobat
  3. Home, Insert, Layout, Formulas, Data, Database, Review, View, Ad-Ins, Acrobat
  4. Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, Ad-Ins, Acrobat
  5. Start, Insert, Layout, Formulas, Data, Database, Review, View, Ad-Ins, Acrobat

 

  1. Kumpulan tombola tau symbol perintah yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama perintah-perintah yang sering digunakan disebut :
  2. Toolbar
  3. Menu
  4. Icon
  5. Format

 

  1. Ikon (icon) atau symbol yaitu tombol perintah yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama perintah yang sering digunakan. Contoh Icon di bawah ini benar, kecuali…(membuka file baru, membuka file lama, menyimpan file).

 

  1. Perhatikan gambar di bawah ini!

 

 

 

Lembar kerja Excel terdiri dari 256 kolom, dan 655536 baris. Pertemuan baris dan kolom disebut:

  1. Sel
  2. Data
  3. Row
  4. Columns

 

  1. Perhatikan gambar di bawah ini!

 

Icon Perintah untuk menutup sekaligus keluar dari program excel adalah:

  1. Close
  2. Open
  3. Save
  4. Exit Excel

 

  1. Perhatikan gambar di no soal 8, Perintah untuk menyimpan file dengan nama lain adalah:
  2. Save
  3. Save As
  4. Close
  5. Open

 

10. Perhatikan gambar di no soal 8, Perintah untuk menutup file tanpa keluar dari Excel  adalah:

  1. Save
  2. Save As
  3. Close
  4. Open

 

11. Dalam keadaan default atau normal, Excel 2007 terdiri atas …..sheet

  1. Satu
  2. Dua
  3. Tiga
  4. Empat

 

12. Apabila kita sedang bekerja dengan excel, keterangan mengenai halaman, baris, kolom, dan lain-lain dapat dilihat pada :

  1. Status Bar
  2. Menu Bar
  3. Format Bar
  4. Toolbar

 

13. Ikon berikut ini yang bukan termasuk ke dalam toolbar standar adalah:

 

14. Rumus Fungsi Excel untuk menentukan nilai rata-rata adalah

  1. Average
  2. Min
  3. Max
  4. Count

 

15. Rumus Fungsi Excel untuk menentukan nilai tertinggi atau terbesar  adalah

  1. Average
  2. Min
  3. Max
  4. Count

 

16. Rumus Fungsi Excel untuk menentukan nilai terendah adalah

  1. Average
  2. Min
  3. Max
  4. Count

 

17. Rumus Fungsi Excel untuk menentukan banyaknya data adalah

  1. Average
  2. Min
  3. Max
  4. Count

 

18. Rumus Fungsi Excel untuk menentukan penjumlahan total secara keseluruhan adalah

  1. Sum
  2. Mid
  3. Left
  4. Right

 

19. Icon    digunakan untuk menampilkan angka dengan format tampilan menggunakan lambang persen

  1. Percent Style
  2. Comma Style
  3. Increase Decimal
  4. Decrease Decimal

 

20. Icon  digunakan untuk menampilkan angka dengan format tampilan menggunakan tanda koma pada pemisah ribuannya

  1. Percent Style
  2. Comma Style
  3. Increase Decimal
  4. Decrease Decimal

 

21. Icon  digunakan untuk menambah jumlah angka decimal

  1. Percent Style
  2. Comma Style
  3. Increase Decimal
  4. Decrease Decimal

 

22. Icon  digunakan untuk mengurangi jumlah angka decimal

  1. Percent Style
  2. Comma Style
  3. Increase Decimal
  4. Decrease Decimal

 

  1. 23.  Icon  digunakan untuk menampilkan angka dengan format tampilan menggunakan lambang uang.
  2. Dollar
  3. Number
  4. Accounting
  5. Currency

 

24. Untuk mengubah lebar kolom menjadi lebar tertentu menggunakan perintah:

  1. Format, Column, Width
  2. Format, Width, Column
  3. Width, Format, Column
  4. Format, Column, Width, Ok

 

25. Untuk mengubah tinggi suatu baris menjadi tinggi tertentu menggunakan perintah:

  1. Format, Row, Height
  2. Format, Height, Row
  3. Format, Row, Height, Ok
  4. Row, Format, Height

 

26. Untuk memperbaiki kesalahan pemasukan data dapat menggunakan tombol

  1. F2
  2. F3
  3. F4
  4. F5

 

27. Apabila dokumen telah selesai diketikkan pada lembar kerja Microsoft Excel, dokumen tersebut harus disimpan agar pada saat diperlukan dapat kita buka kembali. Ikon yang dipilih untuk menyimpan data adalah:

  1. New
  2. Save
  3. Open
  4. Save As

 

28. Kadang-kadang dokumen yang telah kita simpan lama ternyata masih diperlukan, maka dokumen tersebut harus bisa kita buka kembali. Ikon untuk membuka dokumen yang telah disimpan adalah:

  1. New
  2. Save
  3. Open
  4. Save As

 

 

29. Pertemuan baris dan kolom disebut sel. Lembar kerja excel terdiri dari ….kolom, dan …….baris, yaitu:

  1. 256 kolom dan 655536 baris
  2. 265 kolom dan 655536 baris
  3. 256 kolom dan 653655 baris
  4. 526 kolom dan 636555 baris

 

30. Microsoft Excel merupakan program aplikasi

  1. Spreadsheet
  2. Wordprosesor
  3. Presentation
  4. Animasi

 

31. Fungsi yang digunakan untuk menghitung nilai terkecil data angka

  1. Sum
  2. Max
  3. Min
  4. Average

 

32. Fungsi Vlookup dan Hlookup digunakan untuk membaca suatu :

  1. Tabel
  2. Data
  3. Grafik
  4. Rumus

 

33. Perintah untuk menyimpan lembar kerja excel dengan menekan tombol

  1. Ctrl S
  2. Ctrl N
  3. Ctrl V
  4. Ctrl A

 

34. Berikut ini yang bukan termasuk kelompok program Microsoft office adalah

  1. Microsoft excel
  2. Microsoft word
  3. Microsoft power point
  4. Microsoft windows Vista Olala

 

35. Berikut ini yang tidak dapat digunakan untuk menjalankan excel adalah

  1. Shortcut excel di desktop
  2. Start menu
  3. File excel
  4. Dokumen word

 

36. Bagian jendela excel yang berfungsi untuk menampilkan alamat sel yang sedang aktif adalah

  1. bar rumus
  2. bar nama
  3. bar status
  4. bar judul

 

37. Bagian excel yang digunakan untuk menggerakkan lembaran kerja dalam arah horizontal adalah

  1. scroll bar vertical
  2. scroll bar horizontal
  3. control lembaran kerja
  4. taks pane

 

38. Tombol yang digunakan untuk menjalankan sebuah perintah disebut

  1. menu bar
  2. toolbar
  3. statusbar
  4. formula bar

 

39. Perbesaran lembaran kerja diatur dengan menggunakan perintah

  1. custom view
  2. full screen
  3. zoom
  4. view sheets

 

40. Perintah open dapat dijalankan dari menu file dan tombol open di toolbar standar.selain itu, perintah open dapat juga dijalankan dengan menekan tombol……..dikeyboard.

  1. ctrl V
  2. ctrl O
  3. ctrl U
  4. ctrl B

 

41. Berikut ini tombol yang dapat digunakan untuk menggeser sel yang aktif adalah

  1. tombol enter
  2. tombol tab
  3. tombol arah
  4. semua benar

 

  1. Salah satu cara untuk memilih seluruh data di lemburan kerja adalah dengan menekan tombol…di keyboard.
  1. ctrl S
  2. ctrl P
  3. ctrl B
  4. ctrl A

 

  1. Mengatur tanda rupiah untuk data yang berupa uang dilakukan di kotak dialog
  1. options
  2. format cells
  3. print
  4. page setup

 

  1. Print preview digunakan untuk
  1. melihat tampilan halaman sebelum dicetak
  2. mencetak lembaran kerja file lain
  3. mencetak bagian lembaran kerja tertentu saja dari word
  4. tidak ada jawaban benar

 

  1. Perintah print dapat juga dijalankan dari tombol keyboard dengan cara menekan tombol
  1. ctrl V
  2. ctrl C
  3. ctrl Shift P
  4. ctrl P

 

 

Soal Essay Excel:

  1. Jelaskan Langkah-langkah menyimpan file Excel dengan baik!
  2. Jelaskan Langkah langkah melebarkan kolom di Excel!
  3. Jelaskan langkah-langkah mengatur tinggi baris di Excel!
  4. Apa saja manfaat program Excel yang kamu rasakan? (minimal 3)
  5. Jelaskan langkah-langkah mengirimkan file excel melalui email!

Comments are closed