LOMBA SEKOLAH SEHAT SMPIT AL-MULTAZAM

Senin, 23 Agustus 2021 menjadi hari bersejarah SMPIT Al-Multazam karena dari berbagai sekolah yang ada, SMPIT Al-Multazam terpilih mengikuti lomba sekolah sehatt tingkat kabupaten. Lomba sekolah ini mengangkat poin poin tertentu diantaranya terlaksananya program Trias UKS ( Usaha Kesehatan Sekolah ) secara maksimal yang meliputi ketersedian sarana dan prasarana UKS secara lengkap ( air bersih ,kantin sehat, kamar mandi/wc, tempat cuci tangan dll ), keterlibatan peran serta pihak lain  ( komite sekolah,orang tua, masyarakat, puskesmas dll). Secara langsung dan tidak langsung membangun kebersamaan , saling bahu mambahu seluruh warga sekolah untuk membenahi dan menata ulang seluruh lingkungan sekolah.

Dengan memiliki semangat yang sama seluruh warga sekolah berlomba lomba untuk membenahi segala sarana dan prasarana pendukung program lomba sekolah sehat, dengan melengkapi segala sarana dan prasarana serta kebutuhan yang dirasa kurang, kegiatan ini nampak dengan jelas terlihat dengan ad nya pembenahan dan penata ulangan lahan lahan dilingkungan sekolah, seperti lahan tanaman toga, tanaman sayur sebagai penyedia ketercukupan gizi, dan pemanfaatan lahan kosong. Dalam hal penyediaan berbagai jenis tanaman sekolah bekerjasaa dengan seluruh warga sekolah untuk berpartisipasi menyiapkan dan membawa berbagai jenis kelompok tanaman.

“kami berharap output dari lomba ini adalah baik dari sekolah, pengajar ataupun para santri bisa menerapkan PHBS. Terlepas dari perlombaan kegiatan ini harus giat melatih santri mempunyai pengetahuan melath pola hidup bersih, sehat sekaligus bagaimana menerapkannya”. Tutur Ust. Sulaeman, S.H.I (Kepala SMPIT Al-Multazam)

Berbagai strategi , manajemen, kerjasama, serta pertisipasi semua komponen  disekolah mulai dari warga sekolah, komite sekolah dan masyarakat serta dinas terkait merupakan wujud usaha untuk bisa melaksanakan  penyelenggaraaan pendidikan yang dicita citakan. Karena tanpa adanya kerjasama yang nyata dari semua pihak mustahil kita bisa mewujudkan dan menyelenggarakan sekolah sehat dan sekolah yang berprestasi. Strategi dilaksanakan dengan menyelenggarakan pendidikan kesehatan sekolah, pelayanan kesehatan , kebersihan dan kesehatan lingkungan, serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi seluruh warga sekolah merupakan poin penting dalam pelaksanaanya

Organisasi  kesiswaan yang ada disekolah juga  merupakan hal yang sangat penting demi mewujudkan sekolah sehat dan berprestasi karena peran serta secara aktif siswa dalam berbagai organisasi seperti UKS ( Unit Kesehatan Sekolah ) dan PMR ( Palang Merah Remaja ) merupakan media pembelajaran dan pemberdayaan bagi seluruh siswa, melalui kegiatan ini ini siswa diharapkan banyak belajar tentang pentingnya mengatasi segala persoalan yang berkenaan dengan kesehatan. Maka Peran penting organisasi kesiswaan yang berhubungan dengan kesehatan perlu dilakukan secara optimal dan sungguh sungguh dengan melibatkan seluruh pihak yang terkait. “Sekolah merupakan institusi yang dibangun dan dibentuk untuk menciptakan generasi dan sumber daya manusia yang sehat secara fisik, mental, social, dan produktif sehingga nantinya bisa meneruskan perjuangan bangsa untuk lebih baik kedepannya. Maka seharusnyasekolah menjadi salah satu poin penting untuk mewujudkan hal tersebut, sekolah harus bisa mewujudkan kondisi lingkungan yang bersih  sehat.” tandasnya

Comments are closed.