PENGENALAN AKM KEPADA GURU

Gladi bersih UNBK pada tahun 2020 sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperkenalkan soal AKM atau  Assesment Kompetensi Minimum kepada Calon Peserta UNBK dan Guru.

“AKM tak hanya untuk peserta didik, tapi guru. Untuk guru jadwalnya pada Rabu (4/3/2020) selama satu jam,” tutur Ust. Sulaeman, S.H.I (Kepala SMPIT Al-Multazam)

Beliau menyatakan, seluruh guru dan staf TU SMPIT AL-Multazam wajib ikut ujicoba AKM agar bisa mengetahui bagaimana AKM itu.

Ia mewajibkan seluruh guru ikut, tidak hanya guru mapel diknas tetapi juga mapel boarding. “Nanti untuk guru disiapkan dua sesi karena kan ada yang masih mengajar,” jelas Ust. Sulaeman. Soal AKM akan coba dijajal para guru dalam simulasi UNBK kali ini, tidak hanya guru mata pelajaran yang di UN-kan saja. Artinya soal-soal AKM yang nantinya akan diikuti dan dikerjakan oleh siswa pada tahun pembelajaran 2020/2021 tidak lagi membedakan mata pelajaran secara signifikan akan tetapi melihat sebuah kompetensi sebagai gambaran utuh dari puzzle berbagai mata pelajaran. Mata pelajaran yang ada akan menjadi “Tools” untuk membentuk kompetensi tersebut.

Comments are closed.