Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini diikuti oleh semua satuan pendidikan yang ada diwilayah yang diperbolehkan untuk melaksanakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas berdasarkan ketetapan pemerintah yang tertuang dalam Pedoman Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Tahun 2021-2022
Beberapa persyaratan peserta didik dapat mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) diantaranya adalah sebagai berikut
- Perserta didik yang sudah terdaftar dalam pangkalan Dapodik dan EMIS
- Sudah memiliki Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) yang valid
- Masih aktif belajar di satuan pendidikan atau madrasah
- Dll
SMPIT Al-Multazam merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan ANBK tahun 2021, sejauh yang dipantau oleh Tim POKJA Sekolah, alhamdulillah semua berjalan lancar. SMPIT Al-Multazam dalam pelaksanaannya memilih jadwal gelombang ke II yaitu hari Rabu – Kamis Tanggal 6 – 7 Oktober 2021
Mekanisme pelaksanaan ANKB Tahun 2021 yang disebutkan dalam Prosedur Operasional Standar POS ANBK akan menggunakan sistem ANBK secara daring atau semidaring dengan menggunakan media komputer sebagai alat untuk menjawab soal-soal Asesmen Nasional (AN) nanti