ARTIKEL

Tujuan Pendidikan Nasional

Bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Pendidikan dapat diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Pendidikan nasional yang diselenggarakan secara nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai – nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Berdasarkan pasal 3 dalam Undang-undang Sistem Pendidian Nasional, tujuan pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Agar tujuan pendidikan nasional dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya, maka pendidikan harus diselenggarakan dengan prinsip-prinsip sebagai berikut.

  • Pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural, dan kemajemukan bangsa.
  • Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multi makna.
  • Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat.
  • Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran.
  • Pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya membaca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat.
  • Pendidikan diselenggarakan dengan memberdayakan semua komponen masyarakat melalui peran serta dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan.

SKL Satuan Pendidikan

Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar Kompetensi Lulusan atau SKL pada satuan  pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik. Standar Kompetensi Lulusan meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan standar kompetens ilulusan  minimal mata pelajaran. Tujuan SKL pada satuan pendidikan menengah umum adalah untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Adapun Standar Kompetensi Lulusan  Satuan Pendidikan untuk pendidikan menengah  selengkapnya adalah:

  • Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
  • Menunjukkan sikap percaya diri
  • Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
  • Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
  • Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber- sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
  • Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
  • Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
  • Mendeskripsi gejala alam dan sosial
  • Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
  • Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Menghargai karya seni dan budaya nasional
  • Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
  • Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
  • Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
  • Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
  • Menghargai adanya perbedaan pendapat
  • Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
  • Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
  • Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah

Comments are closed.