SMPIT Al-Multazam terus meningkatkan kualitas SDM dalam hal kependidikan khususnya dalam kegiatan hari ini mengadakan In House Training meningkatkan kualitas kompetensi Guru serta menambah ilmu pengetahuan dan keahlian pendidik membuat perangkat pembelajaran yang bermutu dan menarik.
Kegiatan IHT dilaksanakan pada hari sabtru, 8 Januari 2022 dimulai pukul 07.30 s.d selesai dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam dengan mendatangkan nara sumber yang kompeten dibidang penyusunan RPP yaitu lulusan Iqra Academy Teacher.
Proses pembelajaran dituntut tak cukup hanya learning to know, namun kemudian harus sampai kepada learning to do, learning to be, dan learning to live together. Sekolah bertanggung jawab untuk mengembangkan : (1) kurikulum, (2) silabus, (3) desain pembelajaran, dan (4) sistem penilaian berdasarkan standar kompetensi lulusan yang ingin dicapai.
“Kualitas proses pembelajaran perlu dikembangkan secara adaptif dan kreatif. Dalam hal ini yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah perkembangan kesiapan tenaga pendidik sebagai sumber daya manusia pendidikan yang menjadi aktor utama dalam proses pembelajaran tersebut, termasuk penguasaan materi dan metode pembelajaran yang variatif dan inovatif.” Tutur Ust. Sulaeman, S.H.I (Kepala SMPIT Al-Multazam)
Asumsi kurikulum berbasis capaian pembelajaran adalah bahwa semua dapat belajar untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dengan menggunakan berbagai macam cara atau metode pembelajaran sehingga capaian pembelajaran dapat tercapai dengan rentang waktu yang telah ditentukan.