GURU AL-MULTAZAM BERSERTIFIKAT APPLE TEACHER SIAP HADAPI DUNIA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam merupakan sekolah berbasis pesantren terbaik di Jawa Barat yang telah menggunakan iPad sebagai media pembelajaran. Hal tersebut merupakan salah satu program unggulan sekolah melalui perantara Divisi Litbang Al-Multazam dengan branding SMART CLASSROOM.

Hampir seluruh guru, khususnya SMP-SMA (Al-Multazam Putri dan Al-Multazam 2 Putra) sudah memenuhi standarisasi dan mengantongi sertifikat Apple Teacher. salah satu bagian sekolah yaitu SMPIT Al-Multazam pada bulan Februari 2022 sebanyak 10 guru sudah lulus dan mendapatkan predikat Apple Teacher, sehingga untuk pembelajaran tahun 2022-2023 Kegiatan Belajar Mengajar di kelas akan menggunakan iPad sebagai media pembelajarannya.

Apa itu Apple Teacher?

Apple Teacher adalah program pembelajaran profesional yang didesain untuk mendukung dan menghormati pendidik yang menggunakan produk Apple untuk mengajar dan belajar. Sebagai pendidik, bisa mengasah keterampilan di iPad dan Mac yang sesuai dengan aktivitas bersama siswa, memperoleh pengakuan atas hal baru yang dipelajari, dan diberi penghargaan atas kerja keras yang dilakukan setiap hari.

Program ini merupakan cara yang luar biasa bagi sekolah dan wilayah untuk menawarkan pembelajaran profesional gratis yang dapat diikuti staf mereka bersama-sama. Apple Teacher memiliki alat yang Anda perlukan untuk menggunakan iPad dan Mac agar terhubung dengan semua pelajar, baik yang baru menggunakan produk Apple ataupun yang telah memakainya selama bertahun-tahun, dengan satu perangkat saja atau satu perangkat untuk masing-masing siswa.

“Selamat atas pencapaian guru SMPIT Al-Multazam sebagai Apple Teacher. Sebagai pendidik, Guru dapat mengasah keterampilan pada perangkat Apple yang sesuai dengan aktivitas bersama murid.” Tutur Ust. Sulaeman, S.H.I (Kepala SMPIT Al-Multazam) ketika memberikan ucapan selamat kepada guru yang sudah bersertifikat.

Institusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk  membekali murid dengan pengetahuan dan keterampilan masa depan, sehingga kelak mampu mencapai potensi terbaiknya dan mampu bersaing secara global.

Baca Juga :  GERAKAN LITERASI SEKOLAH

Upaya mengadopsi teknologi dalam proses belajar dan mengajar telah dilakukan. Namun adopsi terknologi adalah situasi yang kompleks. Institusi pendidikan tidak hanya perlu menyediakan teknologi untuk belajar-mengajar, namun juga harus mempertimbangkan kesiapan adopsi teknologi di antara para pengajar dan murid serta aspek pedagoginya.

Bagaimana guru SMPIT Al-Multazam mendapatkan predikat sertifikat Apple Teacher?

Sertifikasi ini terdiri dari dua macam, iPad dan Mac. Kita dapat mengambil salah satu program tersebut. Namun, jika memang menggunakan iPad dan Mac, disarankan mengambil keduanya. Sebelum mengikuti sertifikasi, dapat mempelajari konten-konten yang disediakan sebagai materi yang nantinya akan diujikan untuk lolos sertifikasi. Masing-masing versi, baik iPad maupun Mac memiliki enam materi tersendiri mulai dari: iPad/Mac, Pages, Keynote, Numbers, iMovie, dan GarageBand.

Setidaknya lebih dari 60 materi yang dapat dipelajari di sini dan dapat mengambilnya kapan pun memiliki waktu luang. Tidak ada batas waktu kapan harus menyelesaikan bagian-bagian materi. Materi disajikan dalam bentuk gambar dan teks penjelas layaknya tutorial bagaimana memaksimalkan piranti dan aplikasi Apple untuk pembelajaran.

iPad

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu mentrasformasikan iPad menjadi buku, kamera, asisten, papan sketsa, dlsb. agar dapat membantu melalui hari-hari di sekolah. Materi yang dibahas seperti: home screen, control center, camera, photos, siri, safari, multi tasking, notes, voice memos, screenshoots, accessibility, dan maps.

Mac

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampun mentransformasikan Mac menjadi buku, kamera, asisten, studio rekaman, dlsb. yang memberdayakan penggunanya melalui hari-hari di sekolah. Materi terkait seperti Desktop, Finder, Spotlight, Safari, Siri, Photo Booth, Photos, Notes, Multitasking, Screenshoots, Accessibility, dan Maps.

Pages

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu membuat laporan, buletin, poster, buku, dlsb. dari templat yang tersedia dengan kostumasi jenis font, gambar, video, audia, dan ikon atau elemen lain.

Baca Juga :  SHARING BERSAMA WALI KELAS

Keynote

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu membangun cerita menjadi lebih hidup dengan foto, ilustrasi, dan animasi menggunakan Magic Move. Topik-topik yang dibahas antara lain: Slides, Photos, Shapes, Add Media, Tables, Charts, Animation, Magic Move, Present, dan Presentasi Video.

Numbers

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu mengelola dan menjelaskan data melalui grafik yang penuh warna, tabel ringkasan, foto, bahkan video di lembar kerja yang menarik. Topik yang dipelajari antara lain: Basic, Formatting, Media, Charts, Shapes, Calculations, Categories, Sheets, Collaboration.

iMovie

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu membuat dan membagikan video yang berisi judul, musik, efek dari semua foto dan video yang diambil melalui kamera iPad/Mac. Topik yang dibahas seperti: movies, trimming, transitions, photos, titles, audio, overlays, green screen, adjustments, effects, dan sharing.

Garage Band

Tujuan dari pembelajaran ini adalah peserta mampu memainkan instrumen musik dan menambahkan rekaman suara, loop, dan suara efek, puisi yang direkam, soundtrack, dan lain sebagainya. Topik yang dibahas antara lain: audio recorder, apple loops, editing, automation, drummer, software instrument, sound library, mixing, dan sharing.

Banyak sekali kelebihan ketika menggunakan iPad menjadi media pembelajaran, antara lain karena memiliki sistem keamanan yang baik dan dilengkapi banyak aplikasi mendukung pembelajaran. (ES)