ARTIKEL

Format dan Pendaftaran Publish Artikel/Jurnal

FORMAT JURNALFORMAT ARTIKELCONTOH ARTIKELFORM DAFTAR & KIRIM ARTIKEL
Download Format Jurnal Download Format Artikel Download Contoh Artikel

Kata Pengantar Kepala SMPIT Al-Multazam

SMPIT Al-Multazam – Sebagai fasilitator pembelajaran, guru tentu selalu berusaha menerapkan dan memanfaatkan kiat, strategi, model, dan evaluasi  dalam membimbing siswanya.

Berangkat dari perencanaan dan berlanjut dengan proses serta berujung dengan evaluasi, guru sesungguhnya telah memiliki beragam pengalaman yang bisa dituliskan dalam laporan.

Laporan lengkap dan sistematis inilah yang bisa disusun menjadi artikel. Artikel pembelajaran ini pulalah yang bisa dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.

Menulis artikel ilmiah dalam publikasi ilmiah telah menjadi keunggulan tersendiri bagi sekolah yang mampu mengarahkan guru maupun staf akademiknya untuk terus berkarya.

Hal ini tentu menjadi isyarat bahwa guru ataupun staf akaedmisi mesti tergerak untuk mau menulis artikel ilmiah terkait dengan kegiatan pembelajaran ataupun yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

Berkaitan dengan itu, SMPIT Al-Multazam merespons positif tatkala Tim Cendikia Sekolah melalui Program SOCIO EDUCA (Jendela Akademis Sekolah) berkenan menyelenggarakan “Mari Menulis Artikel” untuk Guru maupun SDM lainnya di lingkungan Pondok Pesantren Terpadu Al-Multazam.

“Kita opitimistis kegiatan ini akan memberikan motivasi kuat kepada para guru maupun staf lainnya untuk memantapkan diri pasti bisa menulis artikel, untuk menyempurnakan tugas sebagai pendidik/non pendidik sekaligus sebagai bagian dari mengembangkan sisi akademis SDM” sambut Kepala SMPIT Al-Multazam.

Berlanjut dengan hal itu, pemaparan dan diskusi penulisan artikel jurnal berlangsung. Tim Cendikia Sekolah memandu untuk hal-hal teknis berkaitan bentuk contoh dan tata cara pengiriman artikel ke website sekolah.

Beragam karya tulis ilmiah dan non ilmiah yang bisa diterbitkan di media seperti surat kabar, buku, dan jurnal ber-ISBN. Penerbitan bisa dilakukan melalui media sekolah yang nantinya akan diposting di website sekolah.

Jika artikel orisinal layak diterbitkan melalui website sekolah tentu akan mendapatkan Reward dari sekolah sesuai ketentuan yang berlaku.

Beragam strategi, model, media, dan penilaian telah diterapkannya. Pengalaman nyata itu bisa disusun menjadi artikel sesuai dengan ketentuan atau kriteria yang berlaku. Oleh karena itu para guru mesti bisa menyusun artikel jurnal sendiri tanpa melakukan plagiasi.

Tanya jawab, diskusi, klarifikasi, dan konfirmasi berlangsung. Para Guru dan Staf mematangkan rencana untuk memastikan menyusun artikel jurnal. Judul, rencana penelitian, dan kemauan menyusun artikel dimatangkan.