Nama Penulis: Nono Wartono, S.Pd.I
Email: nonowartono117@gmail.com
Tanggal Pembuatan: 29 Oktober 2022
Mengikuti kebijakan pemerintah dengan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang “Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid 19” yang menginstuksikan untuk melakukan pembelajaran dari rumah selama darurat penyebaran Covid 19 dan belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh daring dan/atau luring dilaksanakan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan Belajar dari Rumah, maka SMPIT Al-Multazam Kuningan juga melaksanakan pembelajaran jarak jauh yakni pembelajaran dari rumah atau Learning From Home (LFH) yang kedua sejak senin, 5 oktober 2020 dan sebelumnya juga pernah melaksanakan Learning From Home (LFH) diakhir semester ke 2 ditahun pelajaran 2019/2020. Dengan diberlakukan PJJ ini Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Al-Multazam menginstruksikan kepada seluruh kepala sekolah untuk melaksanakan pelayanan pendidikan dari rumah. Informasi juga disampaikan melalui group WhatsApp orang tua siswa.
SMPIT Al-Multazam berada di Desa Maniskidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan yang seluruh siswanya sebagian besar dari luar kabupaten kuningan, seluruh siswanya sebagian besar juga sudah memiliki fasilitas pendukung (Laptop/Handphone) untuk memungkinkan dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh terlaksana dengan baik. SMPIT Al-Multazam memiliki 21 rombel, 7 rombel kelas 7, 7 rombel kelas 8 dan 7 rombel kelas 9 dengan tenaga pendidik dan kependidikan kurang lebih 50 orang, dan sebelum pelaksanaan tenaga pendidik sudah memiliki bekal untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Kegiatan ini harus segera bergerak dan berjalan, supaya anak-anak mendapatkan haknya untuk tetap belajar dan proses kelulusan harus tetap terlaksana meskipun dalam kondisi pandemu seperti ini.
Pengalaman ini sangat istimewa karena untuk pembelajaran dilaksanakan dengan metode daring yang tidak memungkinkan guru dan siswa bertatap muka langsung dalam hal ujianpun sesuai dengan suarat edaran pemerintah untuk dilaksanakan secara daring, maka kami melakukan berbagai macam kegiatan pembelajaran yang memudahkan siswa mempelajari materi dari rumah salah satunya menggunakan aplikasi online yaitu quipper school, berharap supaya materi tersamapaikan dengan baik dan memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi siswa.
Saya mengenal quipper school ketika ada pelatihan e Learning di IAIN Cirebon pada tahun 2015. Awalnya ketika diberikan materi tentang quipper school saya kurang berminat berminat karena disekolah yang saya mengajar siswanya berada di pondok pesantren dan tidak diperkenanan membawa gadget untuk pembelajarannya, tapi setelah dicoba ternyata bisa digunakan juga ketika siswa ada jam TIK, dari sana dapat saya manfaatkan untuk mengaplikasikan ilmu yang saya peroleh dari pelatihan itu, yang sangat dirasakan sekali manfaatnya ketika saat ini yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring, ini merupakan angin segar dan membuat saya sangat bersemangat dalam mengenalkan platform ini dan menggunakannya dalam pembelajaran jarak jauh.
Quipper School adalah platform sekolah digital tanpa biaya. Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah. Langkah pertama yang saya lakukan adalah menyampaikan tutorial pendaftaran dan cara penggunaannya baik media tulis dan videonya.
Itulah langkah pertama yang saya sampaikan kepada siswa untuk mendaftar dan cara menggunaannyanya, setelah memberikan tutorial tersebut hampir semua siswa dapat bergabung dan bisa mengoprasikannya, untuk datanya sebagai berikut :
Dalam pelaksanaanya saya dapat mengetahui capaian hasil belajar siswa dengan mengetahi nilai yang diperoleh oleh setiap siswa
Setelah melakukan refleksi mengenai pembelajaran menggunakan quipper school ini bayak siswa yang dapat mengikutinya dengan baik dan tidak banyak juga yang belum dapat mengikutinya dengan baik dengan berbagai macam kendala yang siswa alami dari kendala jaringan dan kesulitan dalam memahami materi yang disajikan, bayak dari para siswa menyukai video pembelajaran yang ditampilakan di quipper school dan siswa juga dapat mengetahui nilainya secara langsung yang membuat siswa terpacu dan bersemangat untuk mencapai hasil yang terbaik
Demikian pengalaman baik dalam hal pembelajaran yang saya lakukan dalam masa pandemisekarang ini, semoga dapat memberikan manfaat khususnya buat saya pribadi dan umumnya kepada yang membaca pengalaman mengajar ini.